Minggu, 24 April 2016

Berbagai Macam Manfaat Menabjubkan Dari Membaca Novel

Berbagai Macam Manfaat Menabjubkan Dari Membaca Novel

Pada post ini saya akan mengulas beberapa manfaat besar dari membaca novel. Membaca adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa kita lakukan diwaktu senggang. Ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari membaca buku, salah satunya novel. Di bawah ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Hiburan yang bisa meningkatkan kerja otak
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal tahun 2014 oleh Brain Connectivity menemukan bahwa mereka yang membaca novel mampu menempatkan diri mereka ke dalam posisi orang lain dan mengembangkan imajinasinya. Hal ini meningkatkan kerja otak mereka. Sehingga kegiatan membaca diakui jauh lebih memberikan manfaat jika dibanding menonton TV

2. Dapat meningkatkan kecerdasan emosional
Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kegiatan membaca menempatkan pembaca dalam karakter protagonis. Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan untuk berbelas kasih.

3. Menambah pengetahuan
Kita juga bisa memperluas wawasan dari membaca novel. Seperti membaca novel yang menceritakan sejarah, isu sosial, budaya atau sesuatu menarik dan berguna lainnya. Hal ini memeberikan kita alternative belajar yang menyenangakan.

4. Meningkatkan penguasaan kosa kata
Mungkin saat ini kita sedang mempelajari bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Nah, membaca novel dalam bahasa tersebut dapat membantu kita menguasai banyak kosa kata baru. Dan tentunya lebih mengasyikkan dari pada menghafal isi kamus bukan?

5. Pelarian yang baik
Di saat kita galau, cemas merasa jengkel atau jenuh terhadap keadaan yang kita jalani, maka membaca novel bisa menjadi solusi yang cukup ampuh untuk meredakan hal yang menggangu pikiran. Terlarut dalam sebuah cerita menarik dan lebih-lebih bisa menginspirasi kita setalah membacanya, tentu patut menjadi pilihan untuk penghilang kepenatan. Galau hilang, pandangan tentang hidup pun lebih positif

6. Liburan yang murah dan mudah

Pernah mendengar buku adalah jendela dunia? Ya.. memang benar adanya. Membaca novel bisa membuat kita berkunjung ke tempat yang tidak setiap orang bisa datangi. Bahkan bertemu banyak orang dengan beragam karakter dan budaya menjadi hal yang mungkin kita dapatkan dengan mudah, bahkan tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita yang nyaman. Karena buku akan menghantarkan kita kesana. Novel benar-benar bisa menjelma seperti pintu kemana sajanya Doraemon ya..

 

Ad Placement